Cute Hello Kitty

Cara Memasang Instalasi Listrik Dengan Benar di Rumah

by - January 29, 2019

Listrik merupakan hal yang sangat dibutuhkan pada setiap rumah karena listrik sangat diperlukan sebagai sumber energi untuk penerangan pada malam hari. Tidak hanya itu, listrik juga dibutuhkan untuk menghidupkan perlengkapan rumah tangga seperti barang elektronik yang mana peralatan tersebut dapat membantu dalam meringankan pekerjaan manusia. Untuk pemasangan instalasi listrik di rumah juga tidak boleh sembarangan demi terciptanya keamanan rumah. Selain itu, pemasangan listrik yang tidak benar akan mempengaruhi arus listrik yang nantinya akan berpengaruh pada biaya tagihan listrik yang harus anda bayar setiap bulannya. Jadi bisa dikatakan jika pemasangan instalasi listrik secara benar merupakan salah satu cara untuk hemat listrik (click)


Cara Memasang Instalasi Listrik Dengan Benar di Rumah


Pemasangan instalasi listrik sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya untuk menghindari terjadinya permasalahan listrik yang terjadi di rumah. namun, ada baiknya jika anda mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan dalam memasang instalasi listrik. Berikut cara menginstal listrik atau cara memasang instalasi listrik: 

1. Mempelajari denah rumah 


denah rumah

Mempelajari dengan rumah merupakan langkah awal untuk mempersiapkan pemasangan instalasi listrik. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui dimana tempat yang tepat untuk meletakkan meteran listrik, sekring, lampu, saklar, dan stop kontak. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan ketika memasang instalasi listrik dan tidak membuang waktu untuk memperbaiki kesalahan pemasangan saluran listrik tersebut. 

2. Menyiapkan peralatan instalasi 

peralatan instalasi listrik

Hal yang harus dilakukan sebelum memasang instalasi listrik adalah mempersiapkan peralatan instalasi yang berkualitas bagus untuk kenyamanan dan keamanan rumah anda. Peralatan instalasi listrik yang harus dipersiapkan adalah meteran listrik, colokan, kabel, steker, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga harus menyiapkan peralatan yang digunakan untuk membantu pemasangan instalasi listrik yaitu pisau, tang, gunting, tape rol, gergaji besi, palu, test pen dan lainnya. 

3.Memilih pengaman 

MCB (sirkuit pemutus)

Setiap instalasi listrik harus mempunyai pengalaman yaitu berupa sekring atau MCB (sirkuit pemutus). Kedua alat ini mempunyai fungsi untuk mengamankan arus listrik jika terjadi permasalahan listrik di rumah anda. Sekring mempunyai kelebihan yaitu bekerja lebih cepat dalam memutuskan gelombang listrik yang bermasalah. 

4.Menyiapkan kabel 

kabel listrik

Kabel yang harus dipersiapkan dalam memasang instalasi listrik adalah kabel NYM dan kabel BC. Kabel NYM mempunyai ukuran 3 x 4 mm2 yang berfungsi untuk menghubungkan KWH meter atau sumber listrik. Sedangkan kabel BC mempunyai ukuran 6 mm2 yang berfungsi untuk menghubungkan sumber listrik dan batang arde. 

5. Memahami warna kabel 

Memahami warna kabel

Menyambungkan warna kabel sesuai dengan warna yang benar akan membantu proses pemasangan instalasi listrik dengan baik. Perlu kita ketahui bahwa kabel hitam adalah kabel fasa, kabel kuning bergaris untuk kabel ground, dan kabel biru adalah kabel netral. Biasanya rumah hanya menggunakan kabel netral dan kabel fasa namun untuk keamanan biss menambahkan kabel ground. 

6. Menyiapkan pipa conduit 

pipa conduit

Pipa conduit adalah pipa yang berperan untuk melindungi kabel yang digunakan untuk memasang instalasi listrik. Pipa ini dipasang dengan tujuan untuk memberi keamanan jika terjadi kecelakaan, menghindari terjadinya korsleting apabila kabel terkelupas, dan melindungi kabel dari tikus dan hewan pengerat lainnya. 

7. Memasang kabel 

Memasang kabel

Bagian terpenting dalam pemasangan instalasi listrik adalah memasang kabel instalasi. Pemasangan kabel seharusnya dilakukan oleh ahlinya. 

Demikian adalah langkah-langkah yang cara menginstal listrik (click). Jangan lupa untuk memperhatikan setiap langkah-langkahnya ya.

Ya sudah segitu dulu cerita kali ini semoga bermanfaat ya. Buhbye Beauties.

Bella bellezhee


            

You May Also Like

17 comments

  1. Ini infonya bermanfaat banget, deh. Tapi bagi yang kurang paham dan agak takut dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan elektro, mungkin harus lebih hati-hati ya, beb. Atau lebih amannya minta tolong aja.

    ReplyDelete
  2. aku gak kepikiran nih buat cara memasang instalasi listrik di rumah. padahal penting juga buat tau

    ReplyDelete
  3. wah keren beb bisaan masang instalasi listrik uy, aku mah serem bisi kesetrum ih beb wkwkwk,
    kemaren kemaren ada kabel yang kegigit sama kucing juga aku gaberani nyabut wkwkwk

    ReplyDelete
  4. terima kasih untuk sharingnya, memang sangat diperlukan sekali mempelajari denah rumah sebelum memasang instalasi Listrik dan yang paling penting perhatikan kabel-kabel yang sering kita gunakan. Gunakan produk mahal untuk ditanam didinding bener kan?

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget kak informasinya kalau aku lumayan pusing ya hihi, aku bakal minta tolong tukang saja deh hihi

    ReplyDelete
  6. wah menarik banget nih kontennya. jadi diingatkan lagi supaya bisa menghemat listrik di rumah. selama ini sepertinya selalu boros deh. hihihi...

    ReplyDelete
  7. Aku gak paham caranya biasanya serahin ke tukang listrik, Namun biasanya soal kabel2 lampu aku beli kyk di supermarket bangunan dan pilih grade yg bagus gtu mbak, supaya awet dan aman.

    ReplyDelete
  8. Waw pembahasannya tentang listrik ya beb hehe aku ga begitu ngerti sih soal beginian. Tapi bolehlah dipelajari juga karena penting juga sih info begini harus tau

    ReplyDelete
  9. Sepertinya tips ini akan ku kasih tau ke suami ku bebh, karena ku tak paham kabel listrik. At least ku tau ternyata seperti ini ya instalasi listrik

    ReplyDelete
  10. kereen bisa pasang listrik sendiri.. apalah daya ku yang masang baterai di remote aja masih suka kebalik plus-minus nya wkwkk XD

    ReplyDelete
  11. Aku kalau urusan listrik serahin langsung ke mas suami deh daripada takut meledak. Paling sih yang penting adalah beli kabel dengan kualitas bagus dan juga lampu jangan beli yang merek abal-abal. Mending rada mahal sekalian tapi aman.

    ReplyDelete
  12. Pengen sih belajar tentang ini juga biar nggak terlalu merepotkan si pak suami hihi, kalau sudah ada panduan jelas kayak gini jadi lebih ingin nyobain juga :)

    ReplyDelete
  13. apalah aku yang masih tinggak sama orang tua jadi gaaham soal ginian.. mau nambah colokan aja minta tolong papa wkwk

    ReplyDelete
  14. Waah bermanfaat banget beb infonyaa. Aku selama ini ga paham soal listrik smaa sekali loh. Jadi bisa tau skrg. Thanks for sharing ya beb

    ReplyDelete
  15. Jadi kalau aku lebih memilih menggunakan tenaga orang lain yang benar-benar ahli listrik yang lebih paham soal kelistrikan

    ReplyDelete
  16. Bagus juga untuk tau ya mba.. tapi biasanya aku kasih ke suami aja deh untuk urusan ya g satu ini hehehe

    ReplyDelete
  17. Info yang bermanfaat Kak.aku paling takut soal listrik. Ditambah ga ngerti apapun tentang listrik. Thank you for sha

    ReplyDelete

Please kindly leave a comment loves.
Sorry but active link will be considered as a spam.
Thak you loves.