Cute Hello Kitty

PLUS MINUS OOCYTE CRYOPRESERVATION DALAM MERENCANAKAN KEHAMILAN

by - November 22, 2019

Hola Bellas! Tahukah kalian Oocyte Cryopreservation atau pembekuan sel telur(click) merupakan salah satu metode perencanaan kehamilan. Dimana sel telur seorang wanita diambil pada masa subur, lalu dibekukan untuk kemudian dilahirkan kembali dan dipakai dalam proses pembuahan di masa depan. Metode ini makin populer di Indonesia dan beberapa negara lain, seperti Jepang, Amerika dan Inggris. Pada situs Bocah Indonesia, salah satu center spesialis fertilitas, disebutkan bahwa mereka menerima pasangan suami istri yang ingin melakukan metode ini.

OOCYTE CRYOPRESERVATION


Oocyte Cryopreservation mirip dengan metode pembekuan embrio pada bayi tabung. Namun yang dibekukan di sini adalah sel telur wanita, yang belum mengalami pembuahan. Cara Ini sebenarnya cukup membantu para pasien yang mengalami masalah kesehatan pada organ reproduksinya. Misalnya pasien kanker atau kista, yang mengalami kesulitan untuk hamil. Dengan cara ini mereka dapat hamil setelah kondisinya memungkinkan. Karena itu pembekuan sel telur dilakukan sebelum terapi dan pengobatan kanker dimulai.

Namun, selayaknya metode perencanaan kehamilan lainnya, Cara ini juga belum tentu berhasil. Proses persiapan yang hati-hati dan teliti sangat menentukan keberhasilannya. Sebelum sel telurnya diambil, pasien disiapkan terlebih dahulu. Dengan menggunakan obat-obat penyubur, selama 4-6 minggu mereka menjalani terapi awal agar tubuh memproduksi sel-sel telur. Selama terapi dan persiapan ini pula, pasien tidak boleh terlalu banyak bergerak dan tidak boleh stres, karena akan mempengaruhi kualitas sel telur yang dihasilkan. 

Setelah masa persiapan, tiba saatnya sel telur diambil pada masa ovulasi. Tentunya di saat sel-sel tersebut telah matang. Beberapa sel telur diambil, lalu dibekukan. Untuk kemudian dicairkan dan dipilih yang terbaik lantas digunakan dalam proses inseminasi pada waktu yang diinginkan si pasien. 

Karena tidak semua pembuahan langsung berhasil, maka sel telur yang dibekukan juga sebanyak-banyaknya. Rata-rata antara 10-25 sel telur. Metode ini makin banyak peminatnya sejak tahun 2017. Padahal biaya yang diperlukan juga besar. Di Amerika Serikat sekitar USD15.000 diperlukan untuk biaya obat dan pengambilan sel. Belum untuk biaya penyimpanan. Keberhasilannya juga hanya sekitar seperlimanya saja. 

Walau biayanya besar dan belum tentu berhasil, namun metode pembekuan sel telur tetap makin populer. Termasuk untuk pasutri yang ingin memiliki anak. Karena dengan cara ini dapat dipilih sel telur yang bagus kualitasnya dan dapat digunakan kapan saja. Situs Bocah Indonesia(click) dapat menjelaskannya dengan lebih terperinci.

Buhbye Bellas! Semoga Bermanfaat. SMOOCHIES!!!

Bella Bellezhee


            

You May Also Like

0 comments

Please kindly leave a comment loves.
Sorry but active link will be considered as a spam.
Thak you loves.