Cute Hello Kitty

TAKARAN VITAMIN DAN MINERAL YANG HARUS TERPENUHI OLEH IBU HAMIL

by - December 19, 2019

Holla Bellas! Ada cerita yang bermanfaat banget nih khusus ibu hamil. Tentang Multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan, meski demikian nama mineral jarang disebut. Padahal dalam kehamilan zat gizi tersebut sangat penting untuk dimasukkan ke dalam menu makan kita. Selain untuk mendukung pertumbuhan organ janin kedua kandungan tersebut dapat mencegah gangguan kehamilan, bahkan mendukung produksi ASI untuk menyambut buah hati saat lahir nanti.

nutrisi wanita hamil

Kalsium yang harus dipenuhi setiap harinya adalah 1000 miligram per hari atau 4 porsi. Dapat ditemukan pada segelas susu, 2 lembar keju, setengah cangkir brokoli, dan segelas air jeruk yang difortifikasi kalsium. Bahkan kalsium saat ini juga banyak terdapat pada yogurt, ikan salmon dengan tulang, ikan sarden dengan tulang, jagung tortilla. Manfaat kalsium ini sendiri adalah untuk pertumbuhan otot, jantung, saraf, darah dan sistem enzim janin, mencegah keracunan dalam kehamilan, mencegah preeklampsia, mencegah pengeroposan tulang pada ibu hamil.

contoh keju
source : google
Zat besi harus terpenuhi 30 mg per harinya. Banyak terdapat pada ikan, daging, hati, telur, susu, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Sangat penting untuk pembentukan sel darah merah ibu dan janin, mencegah anemia (kurang darah), memelihara kehamilan agar kuat sewaktu bersalin, membangun sistem enzim pada ASI.

Seng (Zn) banyak terdapat pada  seafood. Yang mana bermanfaat sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan janin.

Ada juga Fosfor yang terdapat pada susu dan seafood. Ini bermanfaat bagi pembentukan tulang dan gigi janin.

Yodium, terdapat pada garam yang mengandung yodium dan susu. Sangat baik untuk pertumbuhan otak janin dan mencegah keguguran.

Tetapi secara umum, suplemen yang para ibu butuhkan pada masa kehamilan menurut anjuran para dokter, harus mengandung vitamin dan mineral berikut ini, diantaranya:

     400 unit vitamin D.
     250 miligram kalsium
     400-800 mikrogram asam folat.
     30 miligram zat besi.
     2 miligram tembaga.
     2 miligram vitamin B6.
     15 miligram zinc.
     50 miligram vitamin C.

Walau demikian para ibu juga harus selalu ingat untuk terlebih dahulu menanyakan tiap suplemen yang akan diminum kepada dokter kandungan. Dengan pemeriksaan yang tepat, dokter akan mengetahui vitamin serta mineral apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan janin. Termasuk dengan obatmengatasi perut kembung yang tepat bagi ibu hamil

Dan yang harus diketahui bahwa suplemen vitamin ibu hamil merupakan pelengkap, bukan pengganti makanan sehari-hari. Dan sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi vitamin dalam dosis yang terlalu tinggi atau melebihi anjuran, karena dapat berakibat fatal pada tubuh ibu dan janin dalam kandungan.

Buhbye Bellas! Semoga Bermanfaat. SMOOCHIES!!!

Bella Bellezhee


            

You May Also Like

0 comments

Please kindly leave a comment loves.
Sorry but active link will be considered as a spam.
Thak you loves.